Rabu, 15 Juli 2015

Pulau Maratua, Pulau Jeju ala Indonesia

Pulau Jeju - Korea Selatan
Pulau Jeju merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika bertandang ke Korea Selatan. Keindahannya sering ditampilkan dalam drama-drama korea yang beberapa tahun belakangan ini sedang memboming di dunia bahkan di Indonesia. Drama Boys Before Flower yang diperankan oleh Lee Minho sebagai Gu junpyo menyajikan keindahan Pulau Jeju saat adegan liburan bersama teman-temannya. Dalam drama itu pun menampilkan bagian-bagian romantisme keindahan pulau Jeju  seperti Seongsan Ilchulbong atau Puncak Matahari Terbit. Bagi para pecinta drama korea, Pulau Jeju adalah tempat yang paling ingin dikunjungi. Saya pun salah satu pecinta dra
ma korea yang terbuai oleh keindahan Pulau Jeju. Terdapat banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di Pulau Jeju diantaranya gunung Halla, Seongsan Ilchulbong atau Puncak Matahari Terbit, Kampung Seongeup, Moksoekwon atau Taman Batu Kayu dan masih banyak lagi. 

Ternyata Indonesia pun punya pulau yang tidak kalah indahnya dengan Pulau Jeju di Korea Selatan yaitu Pulau Maratua yang bertepat di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Kepulauan Derawan memiliki sedikitnya empat pulau yang terkenal wajib dikunjungi yaitu Pulau Derawan, Maratua, Sanglaki dan Kakaban yang ditinggali penyu hijau dan penyu sisik sebagai satwa langka yang dilindungi. Keindahan wisata bawah laut di Kepulauan Derawan menjadi surga bagi pecinta diving karena keanekaragaman biota laut seperti penyu hijau, penyu sisik, cumi-cumi, lobster, ikan pipa, gurita, kuda laut, belut pita, ikan skorpion dan masih banyak lagi.

Dive Spot Maratua Island
Jika di Pulau Jeju terdapat Kampung Seongeup, kampung traditional yang mempertahankan gaya hidup khas rakyat Jeju maka Pulau Maratua merupakan pulau terluar Indonesia yang memiliki empat kampung yaitu Tanjung Harapan Bohebukut, Teluk Alulu, Bohesilian, dan Payung Payung. Penduduk asli dari empat kampung Pulau Maratua adalah Suku Bajo yang juga masih mempertahankan gaya hidup traditional diantaranya rumah panggung dan bermatapencaharian sebagai nelayan dengan kemampuan navigasi mengandalkan bintang, pengetahuan maritim yang sangat tinggi serta kemampuan menyelam dalam waktu lama tanpa bantuan alat menyelam. Mengunjungi Pulau Maratua rasanya kurang lengkap tanpa kendaraan yang nyaman untuk menjelajahi setiap sudut dari empat kampung tersebut. 

New Terios R-Adventure
Menurut Daihatsunews.com bahwa PT Astra Daihatsu Motor (ADM) baru saja mengenalkan empat tipe New Terios dengan penyegaran tampilan diantaranya Terios X, Terios X-tra, Terios R, dan Terios R-Adventure. Setiap tipe New Terios ini mempunyai keunggulan masing-masing mulai dari sisi eksterior, interior hingga sisi safety. Namun menurut saya tipe New Terios yang paling pas untuk menemani penjelajahan saya ke empat kampung di Pulau Maratua adalah
Terios R-Adventure. Tipe ini mempunyai perbedaan pada sisi eksterior dan safety diantaranya telah dilengkapi dengan bumper depan-belakang, daytime running light, front under guard, grill berlapis krom, side stone guard, muffler cutter, garnish pada cover ban cadangan serta dari sisi safety sudah ditambahkan kamera mundur.

Perjalanan ke Pulau Maratua jauh lebih murah dan lebih dekat bahkan lebih indah dibandingkan perjalanan ke Pulau Jeju, Korea Selatan. Perjalanan pun menjadi lebih menyenangkan karena menggunakan New Terios tipe Terios R-Adventure yang sudah dilengkapi sisi safety yang memang dibutuhkan untuk berpetualang ke Pulau Maratua. 

2 komentar: